Monday, March 9, 2015

Apa Itu Creative Commons Youtube Video

Apa Itu Creative Commons Youtube





Lisensi Creative Commons adalah cara standar bagi pembuat konten untuk memberikan izin penggunaan karyanya kepada orang lain. YouTube membolehkan pengguna untuk menandai video mereka dengan lisensi Creative Commons CC BY. Video yang ditandai tersebut dapat diakses oleh pengguna YouTube untuk digunakan, bahkan secara komersial, dalam video mereka sendiri melalui Editor Video YouTube.

Atribusi diberikan secara otomatis menurut lisensi CC BY, artinya video yang Anda buat menggunakan konten Creative Commons akan menunjukkan judul video sumber di bawah pemutar video secara otomatis. Anda yang memegang hak cipta Anda dan pengguna lain dapat menggunakan kembali karya Anda sesuai persyaratan lisensi.

Siapa yang berhak menggunakan Creative Commons di YouTube

Kemampuan menandai video hasil upload dengan lisensi Creative Commons hanya tersedia bagi pengguna dengan akun yang bereputasi baik. Anda dapat memeriksa status akun di laman Fitur, di bagian Setelan Saluran.

Lisensi standar YouTube merupakan setelan default bagi semua upload. Untuk meninjau persyaratan lisensi YouTube standar, baca Persyaratan Layanan kami.

Anda tidak dapat menandai video dengan lisensi Creative Commons jika ada klaim Content ID pada video tersebut.

Dengan menandai video asli Anda menggunakan lisensi Ceative Commons, Anda memberikan hak kepada seluruh komunitas YouTube untuk menggunakan kembali atau mengedit video tersebut.

Hal apa saja yang dapat diberi lisensi Creative Commons

Harap dipahami bahwa Anda hanya dapat menandai video yang diupload dengan lisensi Creative Commons jika seluruhnya berisi konten yang dapat Anda beri lisensi CC BY. Beberapa contoh konten yang dapat dilisensi adalah:

Konten asli buatan Anda
Video lain yang ditandai dengan lisensi CC BY
Video yang berada dalam domain publik

Bagaimana Cara Mendapatkan Lisensi Creative Commons
Kami juga menyediakan alat yang bekerja memberikan "kebebasan dari hak cipta" selayaknya domain publikCC0 memungkinkan pemberi lisensi untuk melepaskan seluruh hak cipta dan menempatkan ciptaan sebagai domain publik, dan Tanda Domain Publik memungkinkan seluruh pengguna web untuk "menandai" sebuah ciptaan sebagai telah menjadi domain publik.

No comments:

Post a Comment